Model Hubungan Persamaan Antara Kecepatan, Kepadatan dan Volume Lalulintas Ruas Jalan Arteri Primer Kabupaten Gowa

Authors

  • Risma Nofianti Idris Universitas Sulawesi Barat
  • Sainuddin Universitas Sulawesi Barat
  • Ummu Kalsum Basman Universitas Sulawesi Barat
  • Almayana Alwi Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.63877/jbk.v2i2.80

Keywords:

Metode Greenshield, Metode Greenberg, Metode Underwood, Kecepatan arus lalu lintas, kerapatan lalu lintas

Abstract

Transportasi merupakan hal yang penting dan melekat dalam segalah aktivitas masyarakat, berpengaruh terhadap setiap orang baik langsung maupun tidak langsung. Permasalahan lalu lintas jalan raya merupakan suatu permasalahan yang kompleks dalam dunia  transportasi darat  terutama transportasi perkotaan. Tujuan dalam penelitian ini Menganalisis karakteristik arus lalu lintas, serta Menganalisis hubungan model matematis dan grafis dari jalan arteri primer dengan menggunakan model terbaik dengan model Geenshield, Greenberg dan Underwood. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa. Dari ruas jalan tersebut dibagi menjadi tiga titik penelitian yaitu diawal ruas, ditengah dan diakhir ruas jalan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan, Karakteristik arus lalu lintas Jalan Sultan Hasanuddin dimana pada titik 3 menjadi arus lalu lintas yang paling padat dengan ruas arah Gowa-Makassar 2697 smp/jam, kecepatan rata-rata 14,028 km/jam dengan nialai kepadatan 192.254 dan nilai kapasitas 2437,89 smp/jam. Model terbaik dari data hasil survei lapangan adalah model eksponensial Underwood untuk kondisi dibawah nilai kepadatan macet (D). Hal tersebut berdasarkan nilai determinasi (R2) = 0.9615 yang terbaik, bila dibandingkan dengan model lainnya.

References

Julianto, E. N. (2010). Ruas Jalan Siliwangi Semarang. D (024), 151–160.

Lubis, A. S. (2016). Pemodelan Hubungan Parameter Karakteristik Lalu Lintas pada Jalan Tol Belmera. 22(2), 151–160.

Maelissa, N., Maitimu, A., & Latar, S. (2018). Analysis of Volume Relationship , Traffic Speed and Density in the Tulukabessy Street with the Greenberg and Underwood Methods. 6495(12), 88–96.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.pdf. (n.d.).

Mashuri. (n.d.). Model Hubungan Kecepatan – Volume – Kepadatan Arus Lalu Lintas pada Ruas Jalan Arteri di Kota Palu “Mektek” Tahun VIII No. 2 Mei 2006 “Mektek” Tahun VIII No.2 Mei 2006. L (V).

Ofyar Z Tamin. (n.d.). Perencanaan & Pemodelan Transportasi.

Sholahudin, F., Rochim, A., Engineering, C., Program, M., & Faculty, E. (2019). The Comparison Of Road Capacity Of Greenshield Model, Greenberg Model And Underwood Model Toward Mkji 1997 Calculation On The Jendral Sudirman Road, Batang. 24(1), 30–44.

Siherly L Hendarsin. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya.

Silvia Sukirman. (2010). Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur.

Syafruddin Rauf. (2004). Analisis Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Primer Ir. Sutami Makassar.

Timpal, G. S. J., & Theo K. Sendow, A. L. E. R. (2018). Analisa Kapasitas Berdasarkan Pemodelan. Fakultas Teknik, Jurusan Sipil, Universitas Sam Ratulangi Manado, 6(8), 599–610

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Idris, R. N., Sainuddin, Basman, U. K., & Alwi, A. (2024). Model Hubungan Persamaan Antara Kecepatan, Kepadatan dan Volume Lalulintas Ruas Jalan Arteri Primer Kabupaten Gowa. Jurnal Bangunan Konstruksi (BARAKKA), 2(2), 95–103. https://doi.org/10.63877/jbk.v2i2.80

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.