Evaluasi Stabilitas Lereng pada Area Longsor di Ruas Jalan Tator-Enrekang Km.242+400
DOI:
https://doi.org/10.63877/jbk.v3i2.181Keywords:
Stabilitas lereng, kelongsoran, pemeriksaan tanah, Safety faktor, PlaxisAbstract
Lereng merupakan permukaan tanah yang memiliki kemiringan tertentu terhadap bidang datar. Keberadaannya dapat terbentuk secara alami melalui proses geologi, maupun secara buatan sebagai hasil aktivitas manusia. Stabilitas lereng menjadi aspek fundamental dalam kajian geoteknik, karena gangguan pada keseimbangan lereng dapat meningkatkan potensi terjadinya kelongsoran, yang pada akhirnya berdampak pada keselamatan serta kerusakan infrastruktur di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui statigrafi tanah pada area longsor, menetukan safety faktor (SF) atau angka keamanan sebelum setelah penanganan. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan tanah kemudian menghitung SF dan analisis stabilitas lereng dengan bantuan aplikasi Plaxis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan tanah dan stratigrafi pada lapisan tanah yang mengalami kelongsoran didominasi oleh lempung lunak dengan plastisitas tinggi serta muka air tanah yang cenderung dekat dengan permukaan tanah. Nilai atau angka Safety faktor (SF) pada area longsor sebelum dilakukan penanganan yaitu sebesar 0.99 yang mengindikasikan lereng tidak stabil tingkat bahaya tinggi dan sebesar 1.57 setelah dilakukan perkuatan dengan geotekstil yang mengindikasikan lereng stabil dan tingkat bahya rendah.
References
Aisah, E., & Ardiansyah, D. (2023). Pengaruh Geometri Lereng Terhadap Stabilitas Lereng Menggunakan Aplikasi SLOPE / W 2012. 12(01), 1–7.
Anggraini, M., & Haris, V. T. (2025). Pengenalan Aplikasi Plaxis 2D Versi 2023 bagi Komunitas Literasi Muda Teknik Sipil Pekanbaru. 3(2), 61–71. https://doi.org/10.26623/kolaboratif.v3i2.12341
Azhari, A., Khoiri, M., & Siagian, F. (2024). Analysis of Existing Slope Reinforcement Design on Clay Shale Soil and Its Alternative Modifications : A Case Study of the Awunio – Lapuko Road Section Sta 4 + 955 – 5 + 015 in the Southeast Sulawesi Province. 6(January), 31–48.
Gazali, A. (2020). Analisis Stabilitas Lereng Dan Penanggulangan. Jurnal Kacapuri, Jurnal Keilmuan Teknik Sipil, 3, 1–13.
Kottama, G. W., Candra, A. I., Rivianto, A., Rohman, M. R. F., & Budiawan, M. R. A. J. (2023). Optimasi Geometri Lereng dengan Evaluasi Nilai Faktor Keamanan. Jurmateks: Jurnal Manajemen Teknologi Dan Teknik Sipil, 6. https://doi.org/10.30737/jurmateks.v6i2.4864
Purnamayoga, W., Satrya, T. R., & Maulana, M. A. (2024). Excavation Slopes Stability Analysis with Cracked Soil in the Construction of the Serang – Panimbang Toll Road ( STA 54 + 625 ) Under Maximum Rainfall Condition. 6(2), 17–29.
Radityo, D., Farishi, B. Al, Hendrawan, R. N., & Sadisun, A. (2024). Engineering , Environment , and Technology Slope Stability Analysis Throughout Road Around Bukit Barisan Selatan National Park ( BBSNP ) using Fellenius Method. 9(3), 273–280. https://doi.org/10.25299/jgeet.2024.9.3.14902
Sam, D. N., Massinai, M. A., & Pramatadie, A. M. (2025). Slope stability analysis by integrating seismic refraction method and geotechnical soil testing : Case study of landslide in Bulobulo Village , Barru Regency , Indonesia. 12(3), 7779–7787. https://doi.org/10.15243/jdmlm.2025.123.7779
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Bangunan Konstruksi (BARAKKA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta @2023. Ini adalah artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) yang mengizinkan penggunaan non-komersial tanpa batas , distribusi dan reproduksi di media apa pun.

