Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 4 Dan Jalan Arteri Primer

Authors

  • Dilla Puspitasari Universitas Jambi
  • Harmes Universitas Jambi
  • Putri Nurul Kusuma Whardani Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.63877/jbk.v3i2.176

Keywords:

Biaya Operasional Kendaraan, Jalan Tol, Jalan Arteri Primer, Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan, Efisiensi Transportasi

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan tol merupakan bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Pada Jalan tol Betung-Tempino-Jambi diharapkan mampu memberikan berbagai manfaat ekonomi, salah satunya adalah efisiensi Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya manfaat ekonomi yang dihasilkan dari penggunaan jalan tol melalui analisis perbandingan Biaya Operasional Kendaraan. Hasil penelitian didapatkan pada BOK jalan tol Gol I didapatkan biaya Rp. 2.691.967, Gol IIa sebesar Rp. 15.578.429 dan Gol IIb sebesar Rp. 12.389.855. Sedangkan pada jalan arteri primer Gol I didapatkan biaya sebesar Rp. 3.827.455, Gol IIa sebesar Rp. 17.411.190 dan Gol IIb sebesar Rp. 13.593.808. Perbandingan antara jalan tol dan jalan arteri primer menunjukkan bahwa pada Golongan I terdapat selisih sebesar Rp1.132.488 (29,6%), Golongan IIa sebesar Rp832.761 (4,8%), dan Golongan IIb sebesar Rp1.203.953 (8,9%). Dapat disimpulkan perbandingan BOK pada jalan tol Betung-Tempino-Jambi dan jalan arteri primer bahwa BOK jalan tol lebih rendah untuk semua golongan kendaraan.

References

Departemen Pekerjaan Umum, “Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan Bagian I,” Dep. Pekerj. Umum, p. 29, 2005.

A. A. G. K. Jyoti Krisnananda, “Analisis Kelayakan Ekonomi dan Finansial Pembangunan Jalan Tol Mengwi-Gilimanuk,” J. Tek. ITS, vol. 10, no. 2, 2021.

Hutamakarya.com, “Beroperasi Selama Sepekan, Tol Betung – Tempino – Jambi Dilintasi Lebih dari 60.000 Kendaraan,” hutamakarya.com. Accessed: Mar. 14, 2025. [Online]. Available: https://www.hutamakarya.com/beroperasi-selama-sepekan-tol-betung-tempino-jambi-dilintasi-lebih-dari-60000-kendaraan#:~:text=Dari sisi efisiensi%2C tol ini memberikan perubahan,perjalanan tersebut hanya memakan waktu 15 menit.

pu.go.id, “Feasibility study (studi kelayakan),” pu.go.id. Accessed: Apr. 15, 2025. [Online]. Available: https://bpiw.pu.go.id/bankdata/dictionary/words?q=Feasibility+study+%28studi+kelayakan%29&id=390

Sugiyono, metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). 2019.

R. B. T. T. Allo, “Studi Kelayakan Ekonomi dan Finansial Rencana Pelebaran Jalan Tol Waru-Sidoarjo,” Rekayasa Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 39–48, 2017.

Y. D. I. BAGIAN, “Perencanaan Jalan Tol Semarang-Demak,” 2021, [Online]. Available: http://repository.unissula.ac.id/22388/12/Fulltext 30201700036.pdf

J. Karya and T. Sipil, “Analisa Kelayakan Pembangunan Jalan Tol Pemalang Batang,” Penulis Penanggung Jawab J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 5, no. 1, pp. 11–24, 2016.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Puspitasari, D., Harmes, & Kusuma Whardani, P. N. (2025). Analisis Perbandingan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 4 Dan Jalan Arteri Primer. Jurnal Bangunan Konstruksi (BARAKKA), 3(2), 158–162. https://doi.org/10.63877/jbk.v3i2.176

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.